Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System – LMS) yang free / open source terbaik

http://bpptik.kominfo.go.id/2015/03/10/857/12-free-open-source-learning-management-system-lms-terbaik/

BPPTIK – Berikut ini adalah daftar Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System – LMS) yang free / open source terbaik yang tersedia pada tahun 2015. Di bawah ini Anda akan menemukan 12 LMS gratis (atau hampir gratis) terbaik yang tersedia bagi para pendidik dan penyelenggara pelatihan yang ingin memajang program mereka secara online.
1. MOODLE (http://moodle.org) adalah aplikasi web gratis bagi pendidik dan mungkin salah satu LMS gratis yang paling populer di pasaran pada saat ini. Moodle adalah perangkat lunak LMS open source sehingga terus-menerus ditingkatkan dan dikembangkan. Namun, Anda mungkin perlu menyewa pihak ketiga untuk menyesuaikan platform-nya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Gratis bukan berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang, namun Anda patut mencobanya. Mungkin saja fitur yang sudah langsung tersedia cocok dengan kebutuhan Anda.
Karena Moodle adalah pemain besar open source dalam ranah LMS, Moodle didukung oleh komunitas yang besar dan aktif dengan ribuan plugin dan pilihan untuk menyesuaikannya dengan spesifikasi yang tepat bagi Anda. Selain itu, terdapat banyak dokumentasi online tentang Moodle untuk membantu Anda serta banyak kursus langsung pakai yang dapat Anda gunakan daripada membuat konten Anda sendiri. Akan tetapi, semua ada biayanya, dan Moodle sering dikritik karena terlalu rumit dan sulit dipelajari oleh orang awam. Kekurangan lainnya adalah sistem pelaporan yang tidak lengkap dan tidak ada cara mudah untuk mengelola kelompok peserta didik.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moodle dalam Pembelajaran

Info Remedial Ekonomi Kelas 10 Semester 1 TA.2019/2020